Selasa, 23 Mei 2017

RPP K13 MATEMATIKA SD KELAS 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK HARIAN (RPPTH)
KELAS V
TEMA 5 SUBTEMA 3
Mata Kuliah Pendidikan Matematika


Hasil gambar untuk logo usd







Disusun oleh :
Clara Desta Krisdiyanti (151134170) / 4E
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sanata Dharma
Yogyakarta
2017






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK HARIAN (RPPTH)
                                        Satuan Pendidikan   : SD N Sarikarya
                                        Kelas                        : V (Lima)
                                        Tema                        : 5. Bangga sebagai Bangsa Indonesia
                                        Sub Tema                 : 3. Indonesiaku, Bangsa yang Cinta Damai
                                        Fokus Pembelajaran : Matematika
                                        Pokok Bahasan         : Menentukan Akar Pangkat Tiga dan Perkalian
                                        Pangkat Tiga
                                      Pembelajaran ke           : 1
                                    Waktu                          : 2 JP (2 x 30 menit)
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya .
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan mencoba ( mendengar, melihat, membaca ) serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan berbeda-beda yang dijumpai di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran
Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Matematika
3.1 Mengenal dan memahami konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1 Mampu mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.1.1 Siswa mampu mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat tiga sederhana
3.1.2 Mampu menentukan hubungan bilangan berpangkat tiga dan penarikan akar pangkat tiga 3.1.2.1 Siswa mampu menentukan hubungan bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat
3.1.3 Mampu mengerjakan soal-soal tentang penarikan akar pangkat tiga dan bilangan berpangkat tiga 3.1.3.1 Siswa mampu mengerjakan soal-soal tentang penarikan akar pangkat tiga dan bilangan berpangkat tiga
4.1 Terampil dalam mencari hubungan bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat tiga, manajemen waktu, serta benar dalam dalam semua hasil
penghitungan
4.1.1 Mampu terampil dalam mencari hubungan bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat tiga 4.1.1.1 Siswa mampu terampil dalam mencari hubungan bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat tiga
4.1.2 Mampu memperhatikan manajemen
waktu dalam mengerjakan soal-soal bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat tiga
4.1.2.1 Mampu memperhatikan manajemen waktu dalam mengerjakan soal-soal bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat tiga
4.1.3 Mampu melakukan penghitungan dengan tepat dan teliti dalam mengerjakan soal-soal 4.1.3.1 Mampu melakukan penghitungan dengan tepat dan teliti dalam mengerjakan soal-soal


C. Materi Pembelajaran
· Menetukan akar pangkat tiga bilangan kubik (Terlampir)
  • Perkalian pangkat tiga (Terlampir)
D. Pendekatan,Model, dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik ( Scientific )
Model : Cooperative Learning tipe Problem Based Learning
Metode : Ceramah, tanya jawab
E. Media, Alat/Bahan, dan Sumber Pembelajaran
Media : Power Point
Alta/bahan : Laptop, LCD, Proyektor,
Sumber belajar :
Buku Guru :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Buku Guru Kelas V
. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional. Halaman 141-147
Buku Siswa :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2014. Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Kelas V
. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional. Halaman 106-107 dan halaman 118
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
DESKRIPSI KEGIATAN ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
  • Menyiapkan siswa
1 Guru memberikan salam
2 Guru membimbing siswa untuk berdoa
3 Guru melakukan presensi kehadiran peserta didik
  • Orientasi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari yaitu tentang akar pangkat tiga dan perkalian pangkat tiga dengan metode ceramah dan tanya jawab.
  • Motivasi
Guru memberikan motivasi dengan bercerita tentang Pengusaha yang akan mengirimkan barang yang dikemas dalamkotak berbentuk kubus. Dari cerita tersebut, siswa diajak untuk memiliki motivasi agar dapat tahu tentang rumus bangun ruang dan melakukan penarikan akar pangkat tiga
  • Apersepsi
Guru memberikan apersepsi tentang pemahaman siswa terhadap perkalian dan pembagian serta volume kubus yang nantinya berkaitan dengan materi menentukan akar pangkat tiga dan perka lian pangkat tiga
5 menit
Inti
  • Mengamati
1. Siswa mengamati gambar kubus yang merupakan prisma 3 dimensi dalam bentuk kotak kayu
2. Siswa membaca soal tentang penarikan akar pangkat tiga pada kubus
3. Siswa membaca cara mencari bilangan berpangkat tiga
  • Menanya
4. Siswa diberikan pertanyaan oleh guru “Dari penjelasan di atas bagaimana cara memperoleh hasil akar pangkat tiga dari suatu bilangan kubik?”
“Adakah cara atau alternatif lain dalam menentukan akar pangkat tiga bilangan kubik?”
  • Mengumpulkan Data (Informasi)
5. Siswa diminta mencari hubungan bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat tiga
6. Siswa menganilisis cara mencari hubungan bilangan berpangkat tiga dan akar pangkat tiga
7. Siswa menganalisis cara memperoleh hasil akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
8. Siswa menganalisis cara memperoleh hasil perkalian pangkat tiga
9. Siswa menganalisis tentang cara lain untuk menentukan akar pangkat tiga bilangan kubik
  • Mengolah Data (Informasi)
10. Siswa berlatih mengerjakan soal-soal penarikan akar pangkat tiga
11. Siswa berlatih mengerjakan soal-soal perkalian pangkat tiga
  • Mengkomunikasikan
12. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan cara mencari akar pangkat tiga bilangan kubik. Baik yang biasa digunakan seperti contoh, maupun dengan cara lain yang dapat dengan mudah dipelajari siswa
45 menit
Penutup 13. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan cara menghitung bilangan berpangkat tiga
14. Siswa menuliskan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
15. Siswa diberikan tindak lanjut untuk materi pelajaran hari ini
16. Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama.
10 menit


G. Teknik dan Instrumen Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
Penialaian sikap Percaya Diri, Mandiri, Jujur
Penilaian pengetahuan Ter tertulis (Lembar Kerja Siswa)
2. Bentuk intrumen dan rubrik penilaian
a. Penilaian sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Mandiri
Jujur
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
SM
MB
MT
BT
4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1
1
2
3
Keterangan
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
b. Penilaian Pengetahuan
No
Kriteria
Sangat baik
4
Baik
3
Cukup
2
Harus berlatih lagi
1
1. Pemahaman dalam mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat tiga sederhana Siswa dapat memahami konsep perpangkatan dan penarikan akar pangkat tiga dengan cepat dan baik Siswa dapat memahami konsep perpangkatan dan penarikan akar pangkat tiga dengan baik Siswa dapat memahami konsep perpangkatan dan penarikan akar pangkat tiga dengan cukup lambat Siswa dapat memahami konsep perpangkatan dan penarikan akar pangkat tiga dengan sangat lambat
2. Mampu menentukan hubungan bilangan berpangkat tiga dan penarikan akar pangkat tiga Siswa sangat teliti dalam
menganalisis
hubungan
perkalian
pangkat tiga
dan penarikan
akar pangkat
tiga
Siswa
cukup teliti
dalam
menganalisis
hubungan
perkalian
pangkat tiga
dan penarikan
akar pangkat
tiga
siswa kurang
teliti dalam
menganalisis
hubungan
perkalian
pangkat tiga
dan penarikan
akar pangkat
tiga
Siswa tidak
teliti dalam
menganalisis
hubungan
perkalian
pangkat tiga
dan penarikan
akar pangkat
tiga
3. Mampu mengerjakan soal-soal tentang penarikan akar pangkat tiga dan bilangan berpangkat tiga Dalam
menjawab
semua soal
siswa sangat
teliti dalam
menganalisis
hubungan
perkalian
pangkat tiga
dan penarikan
akar pangkat
tiga
Dalam
menjawab
soal siswa
cukup teliti
dalam
menganalisis
hubungan
perkalian
pangkat tiga
dan penarikan
akar pangkat
tiga
Dalam
menjawab
beberapa soal
siswa kurang
teliti dalam
menganalisis
hubungan
perkalian
pangkat tiga
dan penarikan
akar pangkat
tiga
Dalam
menjawab soal
siswa tidak
teliti dalam
menganalisis
hubungan
perkalian
pangkat tiga
dan penarikan
akar pangkat
tiga

c. Penilaian Keterampilan
No
Sangat baik
4
Baik
3
Cukup
2
Harus berlatih lagi
1
Terampil dalam mencari hasil penghitungan Siswa dapat terampil dalam mencari hubungan bilangan
berpangkat tiga dan akar pangkat tiga dengan sangat baik dan tepat
Siswa dapat terampil dalam mencari hubungan bilangan
berpangkat tiga dan akar pangkat tiga
dengan sangat baik dan tepat
Siswa cukup terampil dalam mencari hubungan bilangan
berpangkat tiga dan akar pangkat tiga
Siswa tidak dapat terampil dalam mencari hubungan bilangan
berpangkat tiga dan akar pangkat tiga
Kebenaran hasil penghitungan Tidak terdapat
kesalahan
dalam
semua hasil
penghitungan
Terdapat 1 -2
kesalahan
dalam hasil
penghitungan
Terdapat 2 -
4 kesalahan
dalam hasil
penghitungan
Terdapat
lebih dari 4
kesalahan
dalam hasil
penghitungan
Manajemen Waktu
Siswa mampu selesai mengerjakan soal-soal sebelum waktu berakhir Siswa mampu selesai mengerjakan soal-soal tepat saat waktu berakhir Siswa mampu selesai mengerjakan soal-soal sesudah waktunya
berakhir
Siswa mampu selesai mengerjakan soal-soal dengan meminta waktu tambahan
d. Pedoman skoring :
NO
NAMA
ASPEK PENILAIAN
SIKAP
PENGETAHUAN
KETERAMPILAN
TOTAL NILAI
1.
2.
3.
4.

N = Jumlah Skor X 100
Skor maksimal
Yogyakarta, 27 April 2017
Menyetujui, Nama Guru Kelas
Kepala Sekolah
( ) ( )

Rounded Rectangle: LAMPIRAN

Lampiran 1
BAHAN AJAR
Buku Siswa halaman 106

Buku siswa halaman 118

















Lampiran 2
LEMBAR KERJA SISWA
Nama :
No Presensi :
Lampiran 3
LEMBAR JAWABAN
Perkalian pangkat tiga Penarikan akar pangkat tiga
1 23 = 2x2x2 = 8 3 √8 = 2
2 73 = 7x7x7 = 343 3 √343 = 7
3 123 = 12x12x12 = 1.728 3 √1.728 = 12
4 133 = 13x13x13 = 2.197 3 √2.197 = 13
5 163 = 16x16x16 = 4.096 3 √4.096 = 16
6 213 = 21x21x21 = 9.261 3 √9.261= 21
7 243 = 24x24x24 = 13.824 3 √13.824= 24
8 273 = 27x27x27 = 19.683 3 √ 19.683= 27
9 323 = 32x32x32 = 32.768 3 √32.768 = 32
10 453 = 45x45x45 = 91.125 3 √91.125 = 45

Lampiran 4
BAHAN REFLEKSI
  1. Bagaimana perasaanmu setelah melakukan pembelajaran hari ini ?
2. Pilihlah gambar di bawah ini yang sesuai hatimu setelah mengikuti pembelajaran hari ini dengan memberi tanda di samping gambar!




3. Kesulitan apa yang kamu alami pada pembelajaran hari ini ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar