RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
KELAS IV SEMESTER 1
TEMA
1INDAHNYA KEBERSAMAAN
SUBTEMA I KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU
PEMBELAJARAN
6
Disusun oleh
:
Maria Nona Sulistyoningtyas (151134051)
Clara Desta Krisdiyanti (151134170)
Maria Farika Wijaya (151134205)
Jacobus Adhyaksa (151134249)
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sanata Dharma
Yogyakarta
2016
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Satuan pendidikan : SD
Sendangadi 2
Kelas / Semester :
III / 1
Tema : 1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema : 1.Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran ke- : 6
Alokasi waktu : 6 x 35 menit (210 menit)
A.
Kompetensi
inti
1. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
2. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
PPKn
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan
budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku,
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4
Bekerja
sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
C.
Indikator
PPKn
1.4.1 Bersyukur
2.4.1 Toleransi
3.4.2 Membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan
kesatuan dalam keberagaman agama, suku, dan budaya.
D.
Tujuan
1. Setelah mengamati video
tentang keberagaman budaya, siswa dapat menjelaskan rencana kegiatan yang
mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama, suku, dan
budaya.
2. Setelah
mengamati video tentang permainan meong-meongan, siswa dapat menambah
pengetahuan bahwa permainan tradisional anak bukan hanya dari Jawa saja, namun
dari berbagai daerah di Indonesia.
E.
Materi
ajar
1. Keberagaman
budaya Indonesia melalui Permainan tradisional Meong-meongan
F.
Model,Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Model : TPS ( Think Pair and Share )
2.
Metode :
Diskusi, Tanya Jawab dan Ceramah
3.
Pendekatan
: Saintifik ( Mengamati, Menanya ,
Mengumpulkan Informasi, Menalar, Mengomunikasikan )
G.
Media
Pembelajaran
1.
Video tentang keberagaman budaya, suku,
dan agama di Indonesia
2.
Video permainan tradisional Meong-meongan
H.
Sumber
Belajar
1.
Angie, dkk. 2015. Tema I Indahnya Kebersamaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku
Guru kelas III SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
2.
Angie, dkk. 2015. Tema I Indahnya Kebersamaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku
Siswa kelas III SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
3.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya:
Bumi Aksara.
I.
Kegiatan
pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pra pembelajaran
|
1. Guru mengucapkan salam
2. Guru mengajak salah satu siswa untuk memimpin doa
3. Presensi untuk mengetahui kehadiran siswa
4. Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran
|
5
menit
|
Kegiatan
awal
|
1. Guru memotivasi siswa dengan mengajak siswa
melakukan tepuk semangat
2. Siswa diingatkan kembali tentang cara bermain meong-meongan
3.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran yaitu menghargai keberagman budaya melalui permainan
tradisional dari Bali yaiu Meong-meongan
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa mengamati video tentang bersatu dalam keragaman budaya di
Indonesia. (mengamati)
2. Siswa bertanya jawab tentang video tentang bersatu dalam keragaman
budaya yang telah dilihatnya. (menanya)
3.
Siswa mendengarkan
penjelasan guru bahwa persatuan dan kesatuan juga dilakukan dalam semua
kegiatan, salah satunya adalah bermain bersama. (mengumpulkan informasi)
4.
Siswa mengamati video
permainan meong-meongan. (mengamati
dan mengumpulkan informasi)
5.
Siswa mengamati gambar
langkah-langkah permainan meong-meongan (mengamati dan mengumpulkan informasi)
6.
Siswa mempraktikkan
permainan meong-meongan. (mengumpulkan
informasi dan menalar)
7.
Siswa menyebutkan
sikap-sikap yang diperlukan dalam permainan seperti kerjasama, kekompakan,
kelincahan,sportif, dan lain-lain. (menalar dan mengomunikasikan)
|
170 menit
|
Penutup
|
1.
Guru meminta siswa untuk berkumpul menjadi satu
lingkaran atau berpasangan
2.
Guru meminta siswa
untuk berdiskusi bersama
3.
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran dan sharing bersama.
4.
Guru memberikan
penguatan
5.
Guru bersama siswa melakukan refleksi
pembelajaran
6.
Siswa mengerjakan evaluasi
7.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri
pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
|
20 menit
|
J.
Penilaian
1. Teknik
penilaian :
1) Non Tes :
·
Sikap Sosial : Toleransi, kerja
sama,
saling menghargai
2. Bentuk Penilaian : Sikap, Unjuk kerja
3. Instrument Penilaian :
Lembar pengamatan, rubrik penilaian, skala sikap
Non tes : Pengamatan (lembar pengamatan)
Non tes : Pengamatan (lembar pengamatan)
Yogyakarta, 10 Oktober 2016
Kepala Sekolah
............................. |
Guru Kelas IV
................................................. LAMPIRAN |
BAHAN
AJAR
Sekolah : SD
Kelas/Semester : IV / 1
Tema : 1
(Indahnya Kebersamaan)
Sub tema : 1 (Keberagaman Budaya Bangsaku)
Pembelajaran :
6
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
PPKn
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan
budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku,
bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4
Bekerja
sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di
Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
BAHAN
AJAR
Siswa ditayangkan video
tentang keberagman budaya, suku, agama
yang ada di Indonesia.
BAHAN
AJAR
Siswa ditayangkan video
tentang permainan tradisional dari Bali
yaitu Meong-meongan
Lirik lagu permainan meong-meongan.
Meong-meong, alih
je bikule
Bikul gede-gede,
buin mokoh-mokoh
Kereng pesan
ngerusuhin
Juk Meng!, Juk
Kul!, Juk Meng!, Juk Kul! (diulang sampai Bikul tertangkap)
BAHAN
AJAR
Permainan tradisional merupakan salah satu
bentuk keragaman budaya yang ada
di Indonesia, seperti permainan Meong-meongan.
Meong-meongan
Apakah kamu tahu permainan meong-meongan yang berasal dari Bali?
Apakah kamu ingat cara bermain meong-meongan?
Cara
Bermain
1. Dengan
dipimpin seorang yang sudah ditunjuk, maka peserta memasuki dengan membentuk
barisan satu bersyaf sambil menyayikan lagu meong - meongan untuk memeriahkan
suasana.
2. Sesudah
barisan berbentuk lingkaran maka dengan satu aba- aba maka semua peserta
berhenti dan menghadap ke tengah dimana pemimpin yang ditunjuk berada.
3. Sesudah
diadakan undian bagi yang meong dan bikul.
4. Meong
(kucing) Bikul ( Tikus) maka begitu aba – aba mulai, maka si meong mulai
berlari mengejar si Bikul. Dengan diiringi nyanyian seperti terlampir, maka
mulailah permainan kejar – kejaran ini, yang memang membutuhkan stamina yang
prima bagi meong dan bikul ini.
5. Peserta
dengan bergandengan tangan lebih memberikan keleluasaan kepada si Bikul dan
mengadakan hambatan kepada si Meong.
6. Para
pemain terdiri dari anak- anak usia Sekolah Dasar yaitu umur 6-13 tahun.
7. Pemainan
boleh diikuti oleh anak-anak putra dan putri.
8. Acara
kejar – kejaran baru berhenti bila si Meong dapat menangkap si Bikul dengan
cara memegang ( bukan memukul ).
9. Sebelum
si Bikul ditangkap maka permainan harus diteruskan.
10. Permainan
dilanjutkan lagi setelah adanya pasangan baru yang sudah disiapkan.
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK 1
Sekolah : SD
Kelas/Semester : IV / 1
Tema : 1
(Indahnya Kebersamaan
Sub tema : 1 (Keberagaman Budaya Bangsaku)
Nama :
Indikator:
PPKn
1.4.1
Bersyukur
2.4.1
Toleransi
3.4.2
Menjelaskan
rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam
keberagaman agama, suku, dan budaya.
4.4.2 Membuat rencana
kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman
agama, suku, dan budaya.
Petunjuk
Kegiatan 1
Siswa mengamati video tentang keberagaman budaya, suku,dan agama di
Indonesia
Siswa mengamati video tentang permainan meong-meongan
Petunjuk
Kegitan 2
1. Praktikkan
permainan meong-meongan di
lapangan
2. Perhatikan
langkah-langkah permainan benteng-bentengan yang disampaikan guru
3.
Bermainlah dengan sportif dan terapkan
keterampilan jalan, lari, dan lompat secara benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar