Selasa, 23 Mei 2017

RPP PERMAINAN ANAK MEONG-MEONG



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013
KELAS IV SEMESTER 1
TEMA 1INDAHNYA KEBERSAMAAN
SUBTEMA I KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

PEMBELAJARAN 6

Hasil gambar untuk logo usd



Disusun oleh :
                         Maria Nona Sulistyoningtyas    (151134051)
                       Clara Desta Krisdiyanti             (151134170)
                       Maria Farika Wijaya                 (151134205)
     Jacobus Adhyaksa                      (151134249)


Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sanata Dharma
Yogyakarta
2016



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan pendidikan     :  SD Sendangadi 2
Kelas / Semester        :  III / 1
Tema                         :  1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                   :  1.Keberagaman Budaya  Bangsaku
Pembelajaran ke-       :  6
Alokasi waktu           :  6 x 35 menit (210 menit)
A.    Kompetensi inti
1.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
2.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4  Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
      
C.    Indikator
PPKn
1.4.1 Bersyukur
2.4.1 Toleransi
3.4.2 Membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama, suku, dan budaya.
D.    Tujuan
1.   Setelah mengamati video tentang keberagaman budaya, siswa dapat menjelaskan rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama, suku, dan budaya.
2. Setelah mengamati video tentang permainan meong-meongan, siswa dapat menambah pengetahuan bahwa permainan tradisional anak bukan hanya dari Jawa saja, namun dari berbagai daerah di Indonesia.
E.     Materi ajar
1.      Keberagaman budaya Indonesia melalui Permainan tradisional Meong-meongan
F.     Model,Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.      Model             : TPS ( Think Pair and Share )
2.      Metode            :  Diskusi, Tanya Jawab dan Ceramah
3.      Pendekatan      : Saintifik ( Mengamati, Menanya , Mengumpulkan Informasi,      Menalar, Mengomunikasikan )

G.    Media Pembelajaran
1.      Video tentang keberagaman budaya, suku, dan agama di Indonesia
2.      Video permainan tradisional Meong-meongan

H.    Sumber Belajar
1.         Angie, dkk. 2015. Tema I Indahnya Kebersamaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru kelas III SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2.         Angie, dkk. 2015. Tema I Indahnya Kebersamaan Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa kelas III SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
3.         Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.





I.       Kegiatan pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pra pembelajaran
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Guru mengajak salah satu siswa untuk memimpin doa
3.    Presensi untuk mengetahui kehadiran siswa
4.    Guru menyiapkan sumber dan media pembelajaran
5 menit

Kegiatan awal
1.   Guru memotivasi siswa dengan mengajak siswa melakukan tepuk semangat
2.   Siswa diingatkan kembali tentang cara bermain meong-meongan
3.    Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu menghargai keberagman budaya melalui permainan tradisional dari Bali yaiu Meong-meongan
15 menit

Kegiatan Inti
1.   Siswa mengamati video tentang bersatu dalam keragaman budaya di Indonesia. (mengamati)
2.   Siswa bertanya jawab tentang video tentang bersatu dalam keragaman budaya yang telah dilihatnya. (menanya)
3.      Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa persatuan dan kesatuan juga dilakukan dalam semua kegiatan, salah satunya adalah bermain bersama. (mengumpulkan informasi)
4.      Siswa mengamati video permainan meong-meongan. (mengamati dan mengumpulkan informasi)
5.      Siswa mengamati gambar langkah-langkah permainan meong-meongan (mengamati dan mengumpulkan informasi)
6.      Siswa mempraktikkan permainan meong-meongan. (mengumpulkan informasi dan menalar)
7.   Siswa menyebutkan sikap-sikap yang diperlukan dalam permainan seperti kerjasama, kekompakan, kelincahan,sportif, dan lain-lain. (menalar dan mengomunikasikan)
170 menit


Penutup
1.        Guru meminta siswa untuk berkumpul menjadi satu lingkaran atau berpasangan
2.        Guru meminta siswa untuk berdiskusi bersama
3.        Guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran dan sharing bersama.
4.        Guru memberikan penguatan
5.        Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran
6.        Siswa mengerjakan evaluasi
7.        Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
20 menit

J.      Penilaian
1.      Teknik penilaian :
1)      Non Tes :
·           Sikap Sosial            : Toleransi, kerja sama, saling menghargai
2.      Bentuk Penilaian               : Sikap, Unjuk kerja
3.      Instrument Penilaian         : Lembar pengamatan, rubrik penilaian, skala sikap
Non tes                                    : Pengamatan (lembar pengamatan)



                            Yogyakarta,  10 Oktober  2016

           
Kepala Sekolah



.............................                
Guru Kelas IV



.................................................










LAMPIRAN
 












 









BAHAN AJAR

Sekolah                       : SD
Kelas/Semester          : IV / 1
Tema                          : 1 (Indahnya Kebersamaan)
Sub tema                    : 1 (Keberagaman Budaya Bangsaku)
Pembelajaran            : 6
A.    Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
1.4 Menerima berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
2.4 Memahami berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
3.4  Bekerja sama dalam berbagai bentuk keberagaman suku, bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan


BAHAN AJAR
Siswa ditayangkan video tentang  keberagman budaya, suku, agama yang ada di Indonesia.

BAHAN AJAR
Siswa ditayangkan video tentang  permainan tradisional dari Bali yaitu Meong-meongan

Lirik lagu permainan meong-meongan.
Meong-meong, alih je bikule
Bikul gede-gede, buin mokoh-mokoh
Kereng pesan ngerusuhin
Juk Meng!, Juk Kul!, Juk Meng!, Juk Kul! (diulang sampai Bikul tertangkap)


BAHAN AJAR
 
Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk keragaman budaya yang ada di Indonesia, seperti permainan Meong-meongan.
           
                              Meong-meongan

Apakah kamu tahu permainan meong-meongan yang berasal dari Bali?
Apakah kamu ingat cara bermain meong-meongan?

Cara Bermain
1.      Dengan dipimpin seorang yang sudah ditunjuk, maka peserta memasuki dengan membentuk barisan satu bersyaf sambil menyayikan lagu meong - meongan untuk memeriahkan suasana.
2.      Sesudah barisan berbentuk lingkaran maka dengan satu aba- aba maka semua peserta berhenti dan menghadap ke tengah dimana pemimpin yang ditunjuk berada.
3.      Sesudah diadakan undian bagi yang meong dan bikul.

4.      Meong  (kucing) Bikul ( Tikus) maka begitu aba – aba mulai, maka si meong mulai berlari mengejar si Bikul. Dengan diiringi nyanyian seperti terlampir, maka mulailah permainan kejar – kejaran ini, yang memang membutuhkan stamina yang prima bagi meong dan bikul ini.
5.      Peserta dengan bergandengan tangan lebih memberikan keleluasaan kepada si Bikul dan mengadakan hambatan kepada si Meong.
6.      Para pemain terdiri dari anak- anak usia Sekolah Dasar  yaitu umur 6-13 tahun.
7.      Pemainan boleh diikuti oleh anak-anak putra dan putri.
8.      Acara kejar – kejaran baru berhenti bila si Meong dapat menangkap si Bikul dengan cara memegang ( bukan memukul ).
9.      Sebelum si Bikul ditangkap maka permainan harus diteruskan.
10.  Permainan dilanjutkan lagi setelah adanya pasangan baru yang sudah disiapkan.


LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK 1
Sekolah                       : SD
Kelas/Semester          : IV / 1
Tema                          : 1 (Indahnya Kebersamaan
Sub tema                    : 1 (Keberagaman Budaya Bangsaku)
Pembelajaran            : 6
Nama               :
Indikator:
PPKn
1.4.1 Bersyukur
2.4.1 Toleransi
3.4.2 Menjelaskan rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama, suku, dan budaya.
4.4.2 Membuat rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman agama, suku, dan budaya.

Petunjuk
Kegiatan 1
Siswa mengamati video tentang keberagaman budaya, suku,dan agama di Indonesia
Siswa mengamati video tentang permainan meong-meongan
Petunjuk
Kegitan 2
1.      Praktikkan permainan meong-meongan di lapangan
2.      Perhatikan langkah-langkah permainan benteng-bentengan yang disampaikan guru
3.      Bermainlah dengan sportif dan terapkan keterampilan jalan, lari, dan lompat secara benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar